Friday, August 29, 2008

Berkunjung Ke Sekre HMI

Rabu 27 Agustus 2008 kemarin, Allah memberi saya kesempatan untuk berkunjung ke sekretariat HMI cabang Banjarbaru. silaturrahim dengan para pengurus KOHATI sekaligus sedikit berbincang tentang masa depan DEMA Unlam. Sekretariat yang luas, desain ruangnya cocok sekali dijadikan 'mini office', tapi dari fisiknya terlihat bangunan ini baru saja ditempati, yah mungkin rumah yang berlokasi di kelapa gading 2 itu sekre baru teman2 HMI. Tapi yang ingin saya bicarakan bukan perihal rumah beserta desain ruangannya (walaupun saya cukup tertarik dengan tema itu', perihal rumah hanya sekedar 'side effect' dari pertemuan hari itu.
Jauh dari bayangan saya sebelumnya, para pengurus yang berjumlah sekitar 5 orang (termasuk ketua Kohati) itu merupakan mahasiswa angkatan 2007 kemarin, rata-rata baru. dan jauh sekali dari karakter teman-teman HMI yang biasa saya temui yang terbiasa 'cuap-cuap', penuh retorika ini dan itu.

Mencoba menganalisis fenomena hari itu, konklusi yang saya temukan adalah gejala matinya kaderisasi gerakan yang terjadi di Banjarbaru, namun fenomena ini juga berlaku umum diKalsel. masih teringat beberapa minggu lalu, saya mendengar keluhan serupa dari teman2 PII kalsel. Masih beruntung di KAMMI karena masih ada saja 'kader' yang tersisa ditiap jenjang angkatan. Kaderisasi dan regenerasi memang menjadi PR bersama tiap gerakan, ini PR besar. karena kalau hal ini tidak terjadi, maka bisa dipastikan 3-5 tahun kedepan mahasiswa akan menjadi 'makhluk asing' yang terkurung didalam tingginya menara kampus. sensifitas sosial tak akan terasah, budaya tanding intelektual akan hanya sebatas retorika ilmu yang tak mampu terejewantahkan. Sebagai aktivis mahasiswa yang dibesarkan oleh gerakan, jujur semangat saya terasa disentil ketika melihat fenomena ini, ingin rasanya saling memback-up antar gerakan, tapi apalah daya, tugas yang nyata ada pun tak bisa maksimal saya kerjakan...


kawan2, maafkan...
Merenungi diri saya yang tak mampu banyak berbuat!

2 comments:

Unknown said...

Iya, dimaafkan. hehehe
Mohon maaf juga, atas semua kesalahan dan kekhilafan yang terjadi selama ini.
Zjk

Ma'rifah said...

ika ya..?
dasar anti nih...ngaku2 aja? wia anti neng KAMMI waye...
Piye mb blognya? kok sembunyi2, ga gentle banget :p